Tumaluntung Diterjang Angin Puting Beliung, Pinamorongan Buka Posko Peduli Bencana

Angin puting beliung
Kondisi rumah warga Desa Tumaluntung pasca diterjang angin puting beliung. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Desa Tumaluntung dan Tumaluntung Satu Kecamatan Tareran, Minahasa Selatan (Minsel) diterjang angin puting beliung, pada Kamis (24/06/2021) sore.

Menurut informasi yang berhasil dirangkum MetroManado.com, angin puting beliung ini muncul sekitar pukul 16.45 WITA dari arah tenggara Desa Tumaluntung Satu.

Read More

Angin ini bergerak dengan kecepatan kurang lebih 10-20 km/jam melalui tengah pemukiman warga menuju arah utara wilayah Desa Tumaluntung.

Kurang lebih 49 rumah warga mengalami rusak berat akibat diterjang oleh angin puting beliung ini.

Dan sekitar pukul 17.15 WITA angin mencapai batas pemukiman atau area perkebunan dan seketika alam pun kembali menjadi normal.

Pasca diterjang angin puting beliung, keadaan di Desa Tumaluntung dan Tumaluntung Satu ini pun nampak porak poranda.

Atap rumah warga berserakan dimana-mana, beberapa pohon dan tiang pun ikut roboh akibat diterjang angin puting beliung tersebut.

Musibah yang dialami Desa Tumaluntung dan Tumaluntung Satu ini, sontak menjadi viral di medsos dan menarik perhatian berbagai khalayak ramai.

Pemerintah Desa Pinamorongan
Pemerintah Desa Pinamorongan membuka Posko Peduli Bencana Tumaluntung. (Foto : MetroManado.com)

Sebagaimana yang terpantau oleh MetroManado.com, Pemerintah Desa Pinamorongan, Kecamatan Tareran, Minsel dibawah komando Plt Hukum Tua (Kumtua), Pingkan Feybe Leleh ikut tergerak membuka Posko Peduli Bencana Tumaluntung.

Posko Peduli Bencana Tumaluntung ini dibuka di Kantor Desa Pinamorongan.

Hence Londa salah satu perangkat Desa Pinamorongan kepada MetroManado.com, menyampaikan ini merupakan aksi kemanusiaan peduli sesama.

“Sesuai instruksi ibu Kumtua, kami pun membuka Posko Peduli Bencana Tumaluntung untuk menggalang bantuan dana bagi Desa Tumaluntung” ucap Kasie Kesejahteraan Rakyat Desa Pinamorangan ini.

“Ini sebagai bentuk prihatin dan kepedulian kami terhadap bencana yang terjadi di Desa Tumaluntung dan Tumaluntung Satu,” kata Hence Londa.

Hence pun berharap kondisi warga Tumaluntung dapat segera berangsur pulih kembali dan menjalani aktivitas seperti sedia kala.

“Tumaluntung merupakan saudara kami, apalagi Tumaluntung dan Pinamorongan berada dalam satu Kecamatan yang sama yakni, Kecamatan Tareran,” ujarnya.

“Tentunya bantuan yang akan kami berikan ini, tidak seberapa dengan trauma yang mereka alami, kami hanya bisa bantu lewat doa, semoga ini cepat berlalu,” tandasnya.

(Yonfree/Valent)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.