Tabur Bunga Di Kawasan Pohon Kasih Mega Mas, Mengenang Letda AL Anm. Rhesa Sigar

Tabur Bunga Keluarga Besar Sigar di Manado mengenang kepergian Letda AL Anm. Rhesa Sigar. (Foto : Yonfree Wonua)

MetroManado – Mengenang kepergian Letda AL Anm. Rhesa Tri Utomo Sigar yang ikut terjebak bersama 52 awak lainnya dalam kapal selam KRI Nanggala-402 yang dinyatakan tenggelam di Perairan Utara Bali, pada Sabtu (24/04/2021) lalu.

Keluarga besar Sigar di Manado menggelar tabur bunga yang mengambil lokasi di Kawasan Pohon Kasih Mega Mas Manado, Minggu (02/05/2021).

Read More

“Pohon Kasih sebagai tanda Kasih Tuhan kan bersama keluarga yang ditinggalkan.” ucap Henny Sigar (tantenya Rhesa Sigar) saat menjelaskan kenapa tabur bunga keluarga besar Sigar Manado bertempat di Kawasan Pohon Kasih Mega Mas.

Pantauan MetroManado.com, sebelum tabur bunga di laut Manado, diadakan ibadah singkat yang dipimpin oleh Pdt. Mikhael Ramba, STh.

“Tabur bunga adalah tanda kasih kita terhadap orang terdekat kita yang telah mendahului kita,” ujar Pendeta Mikhael.

“Tabur bunga adalah tanda kita mengenang kepergian Rhesa Sigar, memberi penghormatan tanda cinta kasih dari keluarga dan sahabat,” kata Mikhael.

Lewat pembacaan Firman Tuhan yang diambil dalam kitab Yohanes pasal 11 : 25 dan 26, Pdt Mikhael memberikan penguatan iman kepada keluarga besar Letda AL Anm. Rhesa Tri Utomo Sigar di Manado.

“Dua fakta kehidupan yang disampaikan dalam kitab Yohanes ini, tubuh ini di ubahkan, Rhesa secara jasmani mati tapi tubuhnya secara roh tidak mati,” tutur Mikhael.

“Sebagai umat percaya apa yang kita imani bahwa, kita akan di pertemukan dengan Allah lewat Yesus yang adalah kebangkitan dan hidup.” ungkap Pdt Mikhael Ramba STh.

Sementara itu, Dody Sigar menjelaskan sedikit terkait silsilah keluarga dari Letda AL Anm. Rhesa Sigar di Desa Kaweng Kakas, Minahasa.

“Kami merupakan keluarga dari Alm. Rhesa Sigar dari Desa Kaweng Kakas, di mana Opa dari Rhesa yaitu Willem Theodorus Sigar anak dari Opa Azkhenas Sigar dan Oma Wilhemina Sumanti, lahir dan besar di Desa Kaweng Kakas.” jelas Doddy

Menyambung penjelasan Dody Sigar, Henny Sigar pun menjelaskan secara singkat cerita mengenai Letda Laut Anm. Rhesa Sigar.

“Papa dari Rhesa Kolonel AD Anm. Simson Godfried Sigar gugur saat tugas di timtim pada tahun 1998 silam (saat sebelum gugur berpangkat Letkol), dan mama ibu Indah Sri Wahyuni,” ucap Henny.

“Kakak beradik dari Rhesa, yakni Tommy Sigar, Kapten AD Julius Sigar, dan Lettu AL Rhesa Sigar istri Thasia,” ujar tante Rhesa Sigar ini.

Saat mengenang dan sambil menceritakan bagaimana keluarga tak menyangka semua dapat terjadi, air matapun mulai nampak keluar, suara oma Henny hampir tak dapat keluar, dalam suasana berduka omapun menyampaikan kepada awak metro manado saat meliput kegiatan tabur bunga.

“Rancangan manusia bukan rancangan Tuhan, berharap ponakan Rhesa Sigar yg telah ditemukan akan pulang, tapi semua atas kehendakMu Tuhan, yang terbaik buat kami keluarga,” tutur Henny.

“Selamat berlayar selamanya prajurit-prajurit terbaik, Tuhan menyambutmu disorga kekal,” ucapnya.

“Kekuatan serta penghiburan diberikan Tuhan buat mama Iin, istri Anasthasia Christina bersama dengan kakak-kaka Tommy, Julius, Fienda serta keluarga besar Sigar,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini juga, Vera Sigar mewakili keluarga besar Sigar menyampaikan terima kasih kepada Kapolsek dan Wakapolsek Kakas.

“Terima kasih untuk kunjungan dari bapak Kapolsek Kakas IPTU Erly Salangka dan Wakapolsek IPTU Rino Rantung datang langsung ke rumah keluarga Sundalangi Sigar di Desa Kaweng Kakas, Jumat (30/04/2021) lalu,” kata Vera.

“Dan memberikan semangat kepada keluarga serta turut berbelasungkawa atas insiden yang menimpa Cucu kami Letda AL Rhesa Tri Utomo Sigar, ST.Han atas Instruksi dari Kapolri beserta Kapolda dan Kapolres yang ada untuk kami seluruh Keluarga Besar Sigar.” tandasnya.

Sedangkan Dewi Sigar adik dari almarhum papa Rhesa Sigar lewat WA grup Keluarga Besar Sigar menyampaikan terima kasih banyak terhadap semua pihak NKRI atas ucapan belasungkawa dan doa terhadap Almarhum juga keluarga.

“Kepada keluarga besar Sigar di Manado serta Brigade Manguni Kota Manado di bawah pimpinan Tonaas Reinhard A Tawalujan yang merupakan putra Desa Kaweng Kakas serta Ibu Febrie Sigar Tonaas BMW, yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan tabur bunga,” tulis Dewi.

“Kami keluarga mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam kegiatan Tabur Bunga mengenang keponakan kami Almarhum Letda AL Anm Rhesa Tri Utomo Sigar, ST.Han, kiranya Tuhan menyertai kita semua.” tutup Dewi Sigar.

(Yonfree)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.