Sandiaga Uno Tinjau Kesiapan Likupang Sebagai Destinasi Super Prioritas

Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menggunakan jaket Explore Likupang. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Sulawesi Utara (Sulut), lebih tepatnya Likupang, Minahasa Utara (Minut) merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintahan Jokowi.

Untuk itu perlu adanya pengembangan di bidang infrastruktur hingga sumber daya manusia sebagaimana dengan arahan Presiden Jokowi kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat dilantik sebagai menteri akhir tahun lalu.

Read More

“Arahan bapak Presiden adalah untuk memastikan lima destinasi super prioritas yang sudah ditunjuk (salah satunya Likupang, Minut, Sulut) oleh pemerintah bergegas,” kata Sandi usai dilantik sebagai Menparekraf akhir tahun lalu sebagimana dikutip dari CNN Indonesia.

“Pengembangan tersebut mencakup infrastruktur, kesiapan sumber daya masyarakat, hingga Calendar of Event (festival).” tambah Uno.

Guna memastikan program dari Presiden Jokowi ini berjalan dengan baik, pasca dilantik akhir tahun lalu, Menparekraf Sandi terus bergerak melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah, salah satunya di bumi nyiur melambai Sulut selama dua hari (05-06/03/2021) ini.

Kunjungan kerja Sandi di Sulut diawali dengan peninjauan progres perluasan Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado sebagai salah satu infrastruktur penting penunjang pariwisata.

“Seiring dengan teratasinya pandemi COVID-19, angka penularan yang terus kita tekan dengan kepatuhan disiplin protokol kesehatan serta testing, tracing dan treatment ditambah dengan vaksinasi, perluasan bandara ini mudah-mudahan bisa menjadi awal kebangkitan ekonomi Sulawesi Utara dan pariwisata Indonesia.” kata Menteri asal Gorontalo ini.

Selanjutnya, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, memberikan vaksinasi kepada sekitar 3.000 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) Sulut yang dilaksanakan di Graha Gubernuran, Bumi Beringin, Manado, Jumat (05/03/2021).

“Diharapkan program vaksinasi ini dapat memotivasi para pelaku Parekraf sehingga sektor ini bisa kembali bergeliat dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Sulut,” ujar Sandi sembari mengharapkan semua pelaku usaha agar terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Pemprov Sulut melalui Wakil Gubernur Steven Kandouw mengapresiasi akan perhatian dari pemerintah pusat terhadap para pelaku pariwisata yang ada di Sulut.

“Jadi dengan ini kita ada titik cerah bagi kita semua yang ada di Sulut untuk cepat bangkit mengatasi permasalahan karena COVID-19 ini,” kata Kandouw di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Manado, (05/03/2021).

Sekedar diketahui selama ini Sulawesi Utara dikenal dengan Taman Bawah Laut Bunaken, namun sejak dua tahun lalu ada Likupang yang juga dikembangkan sebagai KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata.

Dua lokasi yang menjadi pusat pengembangan KEK Pariwisata ialah Pantai Paal dan Pantai Pulisan.

(Valent)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.