Resmi Diberlakukan Di Kota Manado, Ini 11 Titik Terpasang Kamera ETLE

ETLE Polda Sulut
Launching ETLE Polda Sulut diikuti Forkopimda Sulut di Aula Catur Prasetya Polda Sulut, Selasa (23/3/2021). (Foto : Istimewa)

MetroManado – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) secara resmi mulai memberlakukan penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional serentak di 12 Kepolisian Daerah (Polda), Selasa (23/03/2021).

ETLE Nasional diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigid Prabowo, di Korlantas Polri Jakarta dan diikuti via virtual oleh 12 Polda di daerah masing-masing.

Read More

Diketahui program ini merupakan bagian dari 100 hari kerja Kapolri yang pada tahap pertama berlaku di 12 Polda, yakni Metro Jaya, Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Sumbar, Lampung, Jambi, Riau Sulsel dan Sulut.

Dan sudah terpasang di 244 lokasi, khusus untuk wilayah hukum Polda Sulut, kamera ETLE ini terpasang di Kota Manado yang tersebar pada 11 titik.

  1. Jl. Piere Tendean sekitar hotel Dragon
  2. Jl. Piere Tendean sekitar Centro Mantos
  3. Jl. Piere Tendean sekitar HSBC
  4. Jl. Piere Tendean sekitar Toko Golden
  5. Jl. Sam Ratulangi sekitar BCA
  6. Jl. Sam Ratulangi sekitar Apotek Setia II
  7. Jl. WR Mongisidi sekitar lapangan Bantik
  8. Jl. Tololiu Supit sekitar BPJS
  9. Jl. Daan Mogot sekitar BRI unit Berhikmat
  10. Jl. Santiago sekitar pasar Tuminting
  11. Jl. Balai Kota sekitar Kantor Walikota Manado

Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana berharap dengan adanya ETLE ini, akan mampu merubah sikap perilaku dan budaya masyarakat dalam berkendara di jalan yang lebih disiplin, demi keselamatan bersama serta menunjang adanya pembangunan kota dengan konsep “smart city”.

“Konsep smart city yang ditunjang dengan teknologi informasi merupakan sebuah kebutuhan yang harus disiapkan di era 4.0 saat ini,” ucap Kapolda Sulut ini.

Nana Sudjana juga menjelaskan bahwa penerapan ETLE merupakan salah satu penjabaran Program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) yang digaungkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan di Sulut saat ini masih terfokus di Manado.

“Saat ini, ETLE di Sulut masih terfokus di Kota Manado, namun demikian kedepan ia berharap ini dapat diperluas ke kabupaten/kota yang lain di jajaran Polda Sulawesi Utara.” tandasnya.

Sementara itu salah satu pengendara mobil taksi online (taksol) yang dijumpai MetroManado.com, menyampaikan sangat mendukung program dari Polri ini.

“Saya pribadi sebagai driver online, yang hari-harinya dijalan, sangat mendukunglah program dari kepolisian ini,” ujar Welly sang driver taksol.

“Sekarang ini kan, dijalan banyak sopir yang unggal-unggalan, tidak memperhitungkan keselamatan orang lain,” ucap Welly.

“Terus ada lagi yang tidak pakai plat nomor, nintau apa dorang pe maksud ini (tidak tahu maskud mereka apa), dengan adanya tilang elektronik ini, saya yakin hal-hal yang kita sampaikan tadi akan berkurang, semoga ya.” harapnya.

(Valent)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.