Pengalaman Sebagai Komut ICDX Bawa Said Aqil Jadi Komut PT KAI

Said Aqil
KH Said Aqil Siradj, Ketum PBNU. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengumumkan jajaran komisaris baru di PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI.

Pengumuman dibuat berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-64/MBU/03/2021.

Read More

Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj ditunjuk sebagai Komisaris Utama (Komut) PT KAI merangkap Komisaris Independen bersama empat nama lainnya.

Riza Primadi (Komisaris Independen), Rochadi (Komisaris Independen), Diah Natalisa (Komisaris), dan Chairul Anwar (Komisaris).

Penunjukkan Said Aqil sebagai Komut PT KAI oleh Menteri BUMN Erick Thohir, dinilai sudah tepat dilihat dari segi pengalaman Aqil sebagai Komut Bursa Komoditas dan Derivatif Indonesia atau Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX).

“Kiai Aqil Said itu kan komisaris utama ICDX, komisarisnya komoditi dan derivatif. Jadi, beliau sudah punya pengalaman yang banyak mengenai bisnis itu, bukan sesuatu yang baru, beliau paham bagaimana jalannya sebuah market perusahaan dan sebagainya,” kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam keterangannya dikutip dari cnnindonesia.com, Kamis (04/03/2021).

Selain itu ketokohan dari seorang Said Aqil sebagai ulama besar di Indonesia dinilai cocok dan layak untuk berada dalam BUMN dan memimpin PT KAI.

“Kita memang butuh tokoh umat di KAI dan BUMN sehingga nanti akan makin membantu BUMN. Jadi, beliau bisa membangun nilai kebangsaan di BUMN karena beliau ulama besar,” tandas Arya.

Said Aqil cs nantinya akan bekerja bersama dengan tiga figur yang sebelumnya telah duduk di kursi komisaris, yakni Pungky Sumadi, Cris Kuntadi, Freddy Harris.

Sehingga susunan Dewan Komisaris PT KAI saat ini menjadi Said Aqil Siradj, Pungky Sumadi, Cris Kuntadi, Freddy Harris, Riza Primadi, Rochadi, Diah Natalisa, dan Chairul Anwar.

(Valent/Ist)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.