Pemkot Manado Himbau Warga Waspada Varian Baru COVID-19 Jenis Omicron

waspada varian baru COVID
Walikota Manado, Andrei Angouw (tengah) didampingi Wakil Walikota Manado, Richard Sualang (kanan) saat meninjau pelaksanaan PPKM disalah satu pusat perbelanjaan di Kota Manado, beberapa waktu lalu. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Beredar informasi dari Badan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, terkait adanya temuan varian baru COVID-19 yang diberi nama varian Omicron / B.1.1.529.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado terus menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan terus memperketat penerapan protokol kesehatan.

Read More

Hal ini sebagaimana dilansir dari rilis pers Diskominfo Kota Manado yang diterima redaksi metromanado.com, pada Minggu (05/12/2021).

Dalam rilis tersebut, Walikota Manado, Andrei Angouw menghimbau seluruh warga Kota Manado untuk terus waspada terhadap varian baru COVID-19 tersebut.

“Walau belum ada info lebih lanjut, namun jumlah orang yang dites positif telah meningkat di wilayah Afrika Selatan sebagai wilayah yang terkena varian ini,” ujar Walikota Andrei Angouw.

Walikota juga menyampaikan tingkat keparahan penyakit ini terlihat dengan adanya data awal yang menunjukkan peningkatan pada rawat inap di Afrika Selatan.

“Semua varian COVID-19 dapat menyebabkan penyakit parah atau kematian, khususnya bagi orang yang paling rentan. Meski data info lebih lanjut soal ini belum ada,” ucapnya.

Meski begitu bukti awal menunjukkan bahwa mungkin ada peningkatan risiko infeksi ulang bagi penyintas dengan varian Omicron dibandingkan varian lainnya.

“WHO sendiri masih meneliti hal tersebut. Namun vaksin tetap penting untuk mengurangi penyakit parah dan kematian,” kata Walikota Andrei.

“Sampai saat ini, pengobatan COVID-19 gejala berat yang ada masih efektif untuk varian Omicron. Info lainnya masih berkembang,” tukas Angouw.

Angouw juga menghimbau langkah paling efektif mencegah penularan COVID-19 apapun variannya adalah menjaga protokol kesehatan.

“Hindari kerumunan, ventilasi ruangan yang baik serta vaksinasi bila sudah gilirannya,” terangnya.

“Ini sangat penting sekali. Kita semua harus dilakukan vaksinasi sebagai langkah pencegahan virus ini berkembang,” tambahnya.

Jika tidak divaksin, menurut Walikota pilihan rakyat Kota Manado ini, akan sangat rentan untuk terkontaminasi virus.

“Jadi saya minta kita jangan takut disuntik vaksin. Justru akan lebih membuat kita aman kalau semua sudah divaksin,” tutup suami tercinta Iren Golda Pinontoan ini.

(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.