Pemkot Manado Bantah Adanya Penggantian Pejabat Tidak Sesuai Aturan

Kantor Walikota Manado
Pemerintah Kota Manado membantah adanya penggantian pejabat improsedural. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dibawah pimpinan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang membantah adanya penggantian pejabat yang tidak sesuai dengan aturan.

Menurut pihak Pemkot Manado, penggantian pejabat ini telah melalui prosedur dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Read More
Kepala Diskominfo Manado, Erwin Kontu (kiri) dan Kepala BKSDM Manado, Donald Supit (kanan). (Foto kolase MetroManado.com/Sumber : Istimewa)

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Manado, Donald Supit, Rabu (11/08/2021) kepada awak media.

“Penggantian beberapa pejabat di lingkungan Pemkot Manado dilakukan sesuai UU No 5 tahun 2014 tentang ASN maupun UU No 10 tahun 2016,” kata Donald Supit.

“Dimulai dengan audit oleh Inspektorat kota Manado dan dilanjutkan dengan pemeriksaan dugaan pelanggaran berdasarkan PP No 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS,” ucapnya.

Bahkan dikatakan Donald, semuanya itu telah dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Pemberhentian ini juga telah mendapat persetujuan Menteri Dalam Negeri yang disampaikan melalui surat Gubernur Sulut,” tegas Donald.

Tidak hanya dugaan pelanggaran disiplin ASN, Donald pun mengungkapkan ada juga pejabat yang diganti karena telah mengundurkan diri.

“Dengan alasan akan pindah tugas,” tandasnya.

Pernyataan Donald Supit ini ikut ditegaskan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Kota Manado, Erwin Kontu yang dihubungi terpisah.

“Jadi tidak ada penggantian pejabat yang tidak sesuai prosedur, semua sudah melalui aturan yang ditetapkan,” ujar Erwin Kontu.

Untuk itu, Erwin pun berharap masalah penggantian pejabat ini tidak lagi dibesar-besarkan, karena semuanya telah jelas.

“Fokus saja di kerja. Pak Wali saat ini ingin kita semua fokus untuk kota Manado,” tutur Erwin

“Walaupun baru beberapa bulan, kinerja pemerintahan sudah ada perubahan, terutama dalam pengolahan sampah dan penanganan banjir,” tambahnya.

Adapun pejabat Pemkot Manado yang diganti dan menjadi sorotan yakni, Xaverius Runtuwene yang digantikan oleh Donald Supit dari jabatannya sebagai Kepala BKSDM Manado.

Johnly Tamaka yang dulunya menjabat Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Manado, memilih mengundurkan diri dan pindah tugas ke Bitung. Posisinya digantikan oleh Bart Assa yang juga menjabat Assisten III Pemkot Manado.

Terakhir, dr. Ivan Sumenda Marthen yang digantikan oleh dr. Joy Sekeon dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Kesehatan Manado.

(Valent/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.