Olly dan Sandi Seriusi Pengembangan Likupang Sebagai Destinasi Super Prioritas

KEK Likupang
Gubernur Sulut Olly Dondokambey berbincang bersama Menparekraf Sandiaga Uno membahas pengembangan KEK Pariwisata Likupang, Sabtu (06/03/2021). (Foto : Istimewa)

MetroManado – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berjumpa dengan stakeholder, Sabtu (06/03/2021).

Pertemuan dimaksud guna membahas pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara.

Read More

“Hari ini (06/03/2021), saya bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam pertemuan dengan stakeholder untuk menunjang kawasan KEK Likupang,” kata Olly Dondokambey.

Dondokambey pun menjelaskan untuk pengembangan KEK Likupang ini dibutuhkan kerjasama dari semua pihak secara terencana, terintegrasi dan berkesinambungan.

“Pengembangan KEK Likupang yang berdaya saing, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, diantaranya pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta masyarakat sekitar KEK tersebut berada,” ucap Dondokambey.

“Dukungan itu harus terencana, terintegrasi, dan dilaksanakan secara berkesinambungan.” tambahnya.

Adapun tujuan dari pengembangan KEK Likupang ini yakni, diantaranya meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Selain itu, membuat model terobosan pengembangan kawasan melalui pengembangan industri dan jasa pariwisata bertaraf internasional.

Dari informasi yang didapat MetroManado.com, di KEK Likupang akan dikembangkan resort, akomodasi, entertainment dan MICE. Sedangkan, di luar area KEK akan dikembangkan pula Wallace Conservation Center dan Yacht Marina.

KEK Likupang yang dibangun di atas lahan seluas 197,4 hektare direncanakan akan dikembangkan dalam tiga tahap. Tahap pertama akan dibangun sekira 92,89 hektare pada kurun waktu tiga tahun, yaitu 2020 hingga 2023.

Pembangunan tahap pertama sesuai rencana akan terdapat resort, area komersial, danau, cultural village, dan ruang terbuka hijau. Jadi, total target investasi sebesar Rp 164 miliar untuk pembangunan kawasan KEK Likupang di tiga tahun pertama. Sedangkan, target investasi pelaku usaha dalam tiga tahun pertama adalah Rp 750 miliar.

Sekedar informasi daerah Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintahan Jokowi pada tahun 2019 lalu.

(Valent)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.