Mengenal Sosok Marie Thomas Perempuan Asal Minahasa Masuk Google Doodle Hari Ini

Tangkapan layar gambar Marie Thomas muncul di Google doodle.

MetroManado – Ada yang beda hari ini (17/02/2021) ketika kita menjelajahi mesin pencarian google. Tampilan gambar logo google doodle berubah, disitu terlihat ada sosok seorang dokter perempuan yang sedang menggendong anak.

Google doodle adalah perubahan logo khusus dan sementara di beranda Google. Dimaksudkan untuk memperingati liburan, acara, prestasi, dan tokoh sejarah terkemuka.

Read More

Setelah ditelusuri MetroManado.com, diketahui sosok dokter tersebut ialah Marie Thomas, perempuan kelahiran Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Dalam biodata Marie Thomas sebagaimana dilansir dari wikipedia, tepat hari ini merupakan tanggal kelahiran dari dokter perempuan pertama di Indonesia 125 tahun silam (17 Februari 1896).

Marie merupakan anak dari pasangan Adriaan Thomas dan Nicolina Maramis. Karena ayahnya berkarier di militer, keluarga Marie pun harus terus berpindah ke berbagai daerah di Indonesia.

Gelar dokternya diambil di STOVIA (Sekolah tot Opleiding van Indische Artsen) lulusan tahun 1922.

Marie Thomas Perempuan Pertama yang Lulus di STOVIA

Marie merupakan satu-satunya mahasiswa wanita di sekolah tersebut pada masanya dan menjadi lulusan wanita pertama STOVIA.

Diketahui pada masanya Marie waktu itu, STOVIA tidak menerima perempuan sebagai mahasiswa. Namun kebijakan tersebut berubah ketika Aletta Jacobs yang juga seorang dokter di Belanda datang berkunjung ke Hindia Belanda (Indonesia saat ini) pada tahun 1911.

Aletta Jacobs mendesak pemerintah waktu itu, merubah kebijakan tersebut. Usaha Aletta pun berhasil, STOVIA akhirnya mulai mengizinkan perempuan untuk mendaftar di sekolah tersebut.

Dan tahun 1912 masuklah Marie mendaftar di STOVIA dan menjadi mahasiswa perempuan pertama sekaligus perempuan satu-satunya di sekolah tersebut pada waktu itu.

Setelah lulus dari STOVIA, selanjutnya Marie mengambil spesialis bidang obstetri dan ginekologi. Dia menjadi dokter spesialis pertama di Indonesia dalam bidang tersebut.

Selanjutnya, Marie Thomas bekerja di Centraal Burger Ziekenhuis di Batavia, yang kini merupakan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Tahun 1929, Marie menikah dengan Mohamad Joesoef dan pindah ke Padang, Sumatera Barat tempat asal suami Marie.

Sempat kembali lagi ke Batavia (sekarang Jakarta), namun akhirnya Marie dan sang suami memilih kembali ke Sumatera Barat dan menetap di Fort de Kock (sekarang Bukittinggi).

Di Bukittinggi inilah Marie mendirikan sekolah kebidanan yang diketahui merupakan sekolah kebidanan pertama di Sumatera dan kedua di Indonesia.

Dan di Bukittinggi ini juga Marie mengakhiri kisah hidupnya, dia meninggal pada tahun 1966 di usia 70 tahun.

(Valent/Ist)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.