Masa Jabatan Presiden Tiga Periode? Begini Tanggapan Ahmad Basarah

Ahmad Basarah
Wakil Ketua MPR RI, DR Ahmad Basarah, MH. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Dugaan akan adanya perubahan periode masa jabatan Presiden RI menjadi maksimal tiga periode dilontarkan oleh mantan Wakil Ketua MPR RI, Amien Rais.

“Akankah kita biarkan, plotting rezim sekarang ini, akan memaksa masuknya pasal supaya bisa dipilih ketiga kalinya,” kata Amien lewat akun Instagram pribadinya, Sabtu (13/3).

Read More

Menurut Amien Rais, skenario besar sedang direncanakan untuk memuluskan rencana tersebut.

“Yang paling berbahaya ada usaha yang betul-betul luar biasa skenario dan back up politik serta keuangannya,” ucap Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Issue yang dilemparkan oleh Amien Rais ini, mendapat respon dari Ketua DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah.

“Bagi PDIP, masa jabatan presiden dua periode seperti yang saat ini berlaku sudah cukup ideal dan tidak perlu diubah lagi,” kata Basarah dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/3).

“Sejauh ini kami belum pernah memikirkan apalagi mengambil langkah-langkah politik untuk mengubah konstitusi hanya untuk menambah masa jabatan presiden menjadi tiga periode,” kata Wakil Ketua MPR RI ini.

Bahkan Ahmad Basarah menyampaikan dilingkup MPR pun belum membahas persoalan merubah masa jabatan Presiden menjadi tiga periode.

“Demikian juga di MPR, kami belum pernah membahas isu masa jabatan presiden tersebut dan mengubahnya menjadi tiga periode,” ucap dia.

Lebih jauh disampaikannya, pembahasan perubahan masa jabatan Presiden bukanlah hal yang dibutuhkan masyarakat saat ini, melainkan bagaimana pembangunan nasional akan terus berlanjut, walau pun adanya pergantian Presiden.

“Atas dasar itu, yang dibutuhkan bangsa kita saat ini adalah perubahan terbatas UUD 1945 untuk memberikan kembali wewenang MPR menetapkan GBHN dan bukan menambah masa jabatan presiden menjadi tiga periode karena hal tersebut bukan kebutuhan bangsa kita saat ini.” tandasnya.

(Valent)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.