Kilang Minyak Pertamina Balongan Indramayu Terbakar, Petir dan Pipa Bocor Jadi Penyebabnya?

Kilang Minyak Indramanyu
Kilang minyak Pertamina Balongan, Indramanyu terbakar diduga karena disambar petir dan pipa bocor. (Foto : Istimewa)

MetroManado РKilang minyak milik PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, dikabarkan terbakar pada Senin (29/03/2021) pukul 00.45 WIB.

Dari informasi yang berhasil dihimpun redaksi MetroManado.com, ada 2 dugaan sementara terbakarnya kilang minyak PT Pertamina Balangon, Indramayu, Jawa Barat.

Read More

Sesuai dengan keterangan dari Corporate Secretary Subholding Refining and Petrochemical Pertamina Ifky Sukarya mengatakan, kebakaran diduga akibat petir yang yang terjadi pada Senin dini hari.

“Jadi tangki di kilang RU VI Balongan terbakar pada pukul 00.45 WIB, dan kebetulan saat itu sedang terjadi hujan besar dan diduga ada petir,” ujar Ifky sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Namun dirinya belum bisa memastikan dengan jelas penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

“Kebakaran terjadi saat hujan besar dan petir, salah satu tangki P300G terbakar. Untuk saat ini kami belum bisa memastikan, menunggu informasi lebih lanjut,” ucap Ifky.

Sementara itu, dugaan lainnya disebabkan oleh adanya kebocoran pipa sebagaimana dengan pernyataan Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Selasa (30/03/2020).

“Memang diinformasikan ke kami ada dugaan sementara terjadinya ledakan atau kebakaran di kilang minyak Balongan Indramayu ini karena ada pipa yang bocor, ada kebocoran pipa,” kata Erdi dikutip dari detiknews.

Namun itu semua masih dugaan sementara, sebab pasti terjadinya kebakaran masih harus menunggu hasil penyelidikan dari pihak Kepolisian.

(Valent/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.