Kakak Vanda Ajak Kwarda Pramuka Sulut Bergandengan Tangan Eratkan Persaudaraan

Ketua Kwarda Pramuka Sulut
Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulut, Vanda Sarundajang. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulawesi Utara (Sulut), Vanda Sarundajang mengajak seluruh elemen Pramuka Sulut bersatu dalam satu tujuan.

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kwarda Gerakan Pramuka Sulut Tahun 2021, di Ballroom Hotel Grand Whiz, Manado, Selasa (21/12/2021).

Read More

“Marilah kita bergandengan tangan dan mengeratkan persaudaraan,” ucap Vanda yang juga merupakan Anggota DPR RI dari Dapil Sulut.

“Bersama kita satukan seluruh elemen Kwartir Gerakan Pramuka di bumi nyiur melambai,” tambah Ketua DPD Taruna Merah Putih Sulut ini.

“Untuk satu tujuan, Satyaku kudharma-kan, dharma-ku kubaktikan agar jaya Indonesiaku,” ujarnya.

Vanda juga mengungkapkan, bahwa Kwarda Pramuka Sulut berupaya tetap konsisten dan fokus pada program-program yang sifatnya mendidik kaum muda berkarakter.

“Tentunya melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa,” tutur Vanda yang akrab disapa Vasung ini.

Lanjutnya, Kwarda Pramuka Sulut selalu berusaha untuk menyiapkan generasi milenial menjadi pemimpin terbaik bagi daerah dan bangsanya.

“Saya berkeyakinan bahwa kakak-kakak Pimpinan Kwartir Cabang juga selaras dan memiliki tekad yang sama dengan Kwartir daerah Sulawesi Utara,” ucapnya.

Menurut Vasung, dalam rentan perjalanan satu periode, Kwarda Pramuka Sulut sudah berupaya memfasilitasi berbagai kegiatan baik bagi peserta didik maupun kegiatan orang dewasa.

“Kita semua mengambil peranan penting dalam mendorong partisipasi aktif Gerakan Pramuka dalam masyarakat,” terangnya.

“Ke depan pun, Kwarda Sulut tetap akan konsisten dan komitmen untuk hal itu,” ucapnya.

Ia juga berharap program yang dirumuskan bersama dalam rakor ini, akan searah dengan Dasa Karya Gerakan Pramuka, Renstra Kwartir Nasional.

“Dan bermuara pada tujuan mulia Gerakan Pramuka sebagaimana amanat UU nomor 12 tahun 2010,” sebutnya.

Kak Vanda juga ikut menguraikan sejumlah kegiatan yang dilakukan pasca pelantikan pengurus Kwarda Pramuka Sulut selang paruh waktu tahun 2021.

Antara lain kegiatan KPD Mandiri yang dihadiri oleh Kepala Pusdiklatnas dan jajaran Pelatih Nasional. Membagikan puluhan ribu masker, ziarah dan upacara penghormatan di Taman Makam Pahlawan Kairagi.

Ziarah dan tabur bunga di makam Mantan Ketua Kwarda, Kak AHJ Purukan, mantan Kapusdiklatda Kak Prof. Dr. Refly Gerungan dan mantan Kamabida Sulut Dr. Sinyo H. Sarundajang.

Dan melaksanakan Ulang Janji di Puncak Emung Kawangkoan serta bekerjasama dengan PMI melaksanakan Donor Darah massal.

“Kwarda Sulut bersama BASARNAS juga telah melaksanakan pelatihan Pramuka Peduli,” ujar Vanda.

“Telah melaksanakan koordinasi daerah untuk Satuan Karya, dan untuk mengirimkan kontingen ke Perkemahan Wirakarya Nasional di Provinsi Jambi serta beberapa kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Kak Vanda juga mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada para Pembina Gerakan Pramuka di Sulut.

“Terima kasih kepada Ka Mabida, pak Gubernur Olly Dondokambey melalui kak Gemmy selaku Waka Renbang Kwarda dan kak Clay Dondokambey selaku Wasek Kwarda yang senantiasa memberi perhatian terhadap kegiatan Kwarda,” kata Vanda.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Kepala BKD Sulut, Clay Dondokambey mengatakan rakor ini menjadi sangat penting untuk dimanfaatkan bersama.

“Karena pasti Rakor ini diyakini membawa angin segar bagi segenap pengurus, unsur terkait dan insan Pramuka di Sulut. Dalam konteks semakin mantapnya eksistensi Gerakan Pramuka ke depan,” ucap Clay dalam membawakan sambutan mewakili Gubernur Olly Dondokambey.

Lanjut disampaikan, bahwa Gubernur Olly berharap rakor hari ini akan melahirkan program dan agenda kerja yang semakin konstruktif bagi eksistensi organisasi.

“Semoga dengan rakor ini menciptakan hubungan kemitraan multipihak yang semakin solutif menjawab kebutuhan dan harapan dengan segenap stakeholder yang ada,” ungkapnya.

Kwarda Pramuka Sulut juga diharapkan semakin kokoh dalam kepengurusan dan semakin kuatnya persatuan.

“Serta semakin sinergisnya langkah, pemahaman dan visi dari segenap komponen Gerakan Pramuka Sulut,” tandasnya.

Rakor yang diikuti seluruh pengurus Kwarcab se- Sulut itu turut dihadiri Sekretaris Pelaksana/Seslak Kwarnas Kak Iman Suhasto.

(Valent/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.