Kabupaten Minsel Jadi Tempat Dibangunnya Pilar dan Instalasi Perangkat Stasiun InaCORS

Pilar Instalasi Perangkat InaCORS
Pilar dan Instalasi Perangkat Stasiun InaCORS yang akan dibangun di halaman Kantor Bupati Minsel. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Pilar dan Instalasi Perangkat Stasiun InaCORS mulai dibangun di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Hal ini ditandai dengan dilakukannya peletakan batu pertama pembangunan pilar dan instalasi perangkat stasiun InaCORS di halaman Kantor Bupati Minsel, pada Kamis (09/12/2021).

Read More
Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar meletakan batu pertama pembangunan Pilar dan Instalasi Perangkat InaCORS di halaman Kantor Bupati Minsel. (Foto : Istimewa)

Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar yang didampingi Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang diberikan kesempatan untuk meletakan batu pertama pembangunan pilar InaCoRS tersebut.

Dimulainya pembangunan pilar ini, diharapkan Bupati Minsel dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami mendukung dan memberi izin pembangunan pilar dan instalasi perangkat stasiun InaCORS tersebut di Area kantor Pemkab Minsel,” ujar Wongkar.

“Tentu dalam proses pembangunan pilar dan instalasi perangkat stasiun InaCORS harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tambahnya.

Sekedar informasi, Stasiun InaCORS bermanfaat sebagai referensi untuk berbagai macam aplikasi menentukan posisi dari kegiatan survei dan pemetaan.

Bahkan dengan adanya jaringan InaCORS, akan mempermudah dalam penentuan posisi menggunakan prinsip diferensi GPS, seperti pemetaan topografi, survei kelautan, fotogrametri, eksplorasi migas, survei kadaster, dan survei konstruksi.

Data InaCORS juga dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan nasional seperti menentukan batas wilayah (desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan batas negara).

Pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) guna mendukung reforma agraria, dan membantu mitigasi multi bencana nasional (mendeteksi gempa bumi, tsunami, pergerakan tanah, dan ledakan gunung api).

Dari informasi yang diterima, lokasi penempatan InaCORS guna mendukung Sistem Referensi Geospasial Nasional kali ini, hanya di Kabupaten Minsel dan Minahasa.

Pembangunan pilar itu sendiri memakan waktu pengerjaan kurang lebih 6 hari lamanya. Pembangunannya dimulai dengan pengecekan lokasi, penempatan alat dan pengecekan kondisi perangkat.

Dilanjutkan dengan pembangunan pilar, membuat galian untuk jalur kabel antena, pemasangan kotak dan instalasi perangkat dalam ruangan.

Diakhiri dengan suksesnya pengecekan hasil rekaman data stasiun CORS CKTT.

(CCL/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.