Jadi Destinasi Super Prioritas, Likupang Masih Tertinggal dari Empat Destinasi Lainnya?

KEK Likupang
Bupati Joune Ganda bersama Wabup Kevin Lotulung saat menemani Menparekraf Sandiaga Uno meninjau lokasi KEK Pariwisata Likupang, Minut. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Menjadi salah satu dari lima destinasi super prioritas yang telah ditetapkan pemerintahan Joko Widodo, ternyata pembangunan di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, masih jauh tertinggal dari empat destinasi super prioritas lainnya.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda kepada sejumlah awak media, beberapa waktu lalu.

Read More

“Dari lima destinasi yang terpilih memang Likupang yang agak tertinggal, namun janji pak Menteri, kita akan mengejar ketertinggalan itu,” ujar Ganda.

Menurut Ganda yang baru saja menjabat sebagai Bupati Minut sejak Februari 2021 lalu, hal ini terjadi karena kurangnya pro aktif dari pemerintahan kabupaten (Pemkab) sebelumnya terhadap program dari Pemerintahan Joko Widodo.

“Sudah dari sebelumnya pemerintah pusat telah mengajak pemerintah Kabupaten untuk aktif, dan mungkin pemerintahan sebelumnya kurang aktif,” sesal Politisi PDI Perjuangan ini.

Ganda pun berjanji di masa kepemerintahannya saat ini bersama dengan Wakil Bupati Minut, Kevin Lotulung akan bergerak cepat mengejar segala ketertinggalan.

“Di masa pemerintahan saya dan pak kevin, kita akan mengejar ketertinggalan itu, kemarin banyak sekali usulan-usulan yang telah disampaikan kepada pak Menteri agar Kawasan Ekonomi Khusus ini cepat terealisasi,” ucap pria kelahiran Manado, (27/07/1971) ini.

Pada kesempatan ini juga, Joune Ganda menyampaikan bahwa Pemerintahan Joko Widodo siap mensupport dan mengalokasikan bantuan untuk pengembangan kawasan wisata di Likupang, Minut sebagai salah satu destinasi super prioritas.

“Pemerintah pusat telah menyiapkan dukungan penuh untuk lima Kabupaten yang terpilih se-Indonesia (salah satunya Likupang), untuk itu kita akan mendapatkan banyak bantuan, karena bantuan ini sudah di alokasikan oleh pemerintah pusat.” tutup Ganda.

Sekedar diketahui pada 2019 lalu, pemerintah telah memutuskan bahwa Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara masuk dalam daftar destinasi wisata prioritas, bersama empat destinasi lainnya, yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Magelang – Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

(Valent)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.