Ini Alasan dr Mikha dan JAK tak Bercerai

Michaela Elsiana Paruntu (MEP) dan James Arthur Kojongian (JAK), makin harmonis. (Foto: Istimewa)

MetroManado – Mungkin banyak yang berpikir apa yang membuat Michaela Elsiana Paruntu (MEP) hingga begitu kuat menghadapi ujian yang menimpa rumah tangganya.

Padahal diketahui, pasca video viral merekam dirinya bergelantungan di kap depan mesin mobil dan diseret tak kurang dari 30 meter beberapa waktu lalu di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Read More

dr Mikha sapaan akrab MEP, kelahiran Inggris 1982 silam ini yang akan berhari jadi ke 39 tahun pada 1 Oktober 2021 nanti, di mana saat itu ia mempergoki suaminya yang tak lain adalah wakil ketua DPRD Sulut James Arthur Kojongian atau JAK, diduga sedang bersama simpanan mudanya di dalam mobil. Gadis terduga bernama AS alias Angel yang kini banyak menobatkannya sebagai pelakor plus malaikat pencabut jabatan.

Simpatisen dari berbagai penjuru pun membanjiri dukungan buat dr Mikha. Sebagian besar berharap suaminya diceraikan dan laporkan kejadian tersebut ke polisi.

Dua hari pasca kejadian, dr Mikha sapaan akrab adik dari mantan Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu ini, mendatangi Badan Kehormatan BK DPRD Sulut tempat suaminya bekerja sebagai wakil rakyat.

Sorotan mata kamera wartawan dan berbagai pertanyaan sudah disiapkan, berharap dr Mikha memberi keputusan sesuai harapan simpatisen, namun hal itu ia putuskan mata rantainya.

dr Mikha dengan lugas mengatakan, kejadian tersebut tak ingin ia laporkan ke pihak kepolisian dan telah memaafkan perbuatan suaminya. Pembaca, pendengar, dan penonton di media massa hingga berbagai situs media sosial dibuatnya tak berkutik.

Tak sedikit masyarakat khususnya pengguna media sosial blunder akan jawaban atau keputusan dari dr Mikha itu.

Ada yang mengakui dr Mikha sebagai wanita hebat, tak sedikit pula berpendapat bahwa dr Mikha itu terbuat dari apa, sehingga dengan santainya memaafkan suaminya yang sudah nyata nyaris membunuhnya.

Lantas apa yang membuat dr Mikha begitu cepat mengambil keputusan?

Melalui akun Facebook pribadinya, dr Mikha menuliskan salah satu ayat Alkitab.

“Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia.
Lukas 17 : 3-4,” tulis dr Mikha.

Ya, sebagian besar orang memang hanya tau protes tanpa mengetahui prosesnya. Ibarat pribahasa, seribu kebaikan akan tertutupi dengan satu masalah. Bahkan kata bijak mengatakan, semut di seberang sungai nampak jelas sementara gajah di depan mata tak nampak. Begitulah sebagian dari manusia, hanya melihat keburukan orang lain, tanpa memikirkan aibnya sendiri.

dr Mikha pun tak menyangka, bila rekaman mobil menyeret dirinya dalam video tersebut sudah meluas seantero negeri, ia berpikir hanya viral di Sulawesi Utara saja.

“Saya pikir video ini tidak meluas, saya pikir hanya di Sulawesi Utara,” jelas dr Mikha tersenyum, dikutip dari YouTube Channel Berbagi Cerita.

Kini, ujian rumah tangga JAK dan dr Mikha berangsur mulai membaik. Hal itu terlihat dari rekaman live Tetty Paruntu memperlihatkan keakraban JAK dan dr Mikha.

“JAK sudah tobat, biarkanlah mereka memperbaiki hubungan rumah tangganya lagi,” ujar Tetty Paruntu pada live bareng di akun facebook pribadinya.

Karir JAK sebagai wakil rakyat, sudah di ujung tanduk. Pasalnya pada sidang paripurna DPRD Sulut beberapa waktu laku, JAK sudah dicopot jabatannya sebagai wakil ketua dan berkasnya sebagai anggota DPRD sisa menunggu persetujuan Kemenetrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Apabila Kemendagri merestui pencopotan total JAK sebagai wakil rakyat, besar kemungkinan ia kembali sebagai warga biasa. Namun, jika masih ada lagi yang bersitegang mengungkit melaporkan kasus JAK terkait kekerasan terhadap perempuan dan kacamata hukum lainnya, nasib JAK terancam lagi dan bisa saja diproses hukum.

(Mardi Golindra)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.