Hebat! Terobosan ODSK Kini Hasilkan Devisa Ekspor Senilai Rp 3,23 Miliar Dalam Sebulan

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Steven Kandou didampingi istri tercinta Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Ibu Devi Kandouw-Tanos. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Salah satu komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK) menjadikan Sulut sebagai superhub Indonesia Bagian Timur.

Guna memuluskan ambisi tersebut, pada September 2020 lalu, Pemprov Sulut telah melaunching direct call ekspor (ekspor langsung) dari bandara Sam Ratulangi Manado ke Narita Jepang.

Dari informasi yang didapat, sejak dilaunching, ekspor komoditas perikanan (ikan tuna, dll) dan pertanian (rempah-rempah, dll) Sulut ke Jepang terus mengalami peningkatan.

Read More

Dari awalnya 12,2 ton dan pada Januari 2021 berdasarkan data dari Kanwil Dirjen Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) tercatat sebanyak 65,5 ton yang telah diekspor oleh Sulut ke Jepang.

Dan dari hasil kegiatan ekspor tersebut selama bulan Januari 2021 telah berhasil menyumbangkan devisa ekspor senilai 232.706 USD atau setara dengan Rp 3,23 miliar.

Gubernur Olly Dondokambey pun optimis terobosan ini akan memberikan pengaruh yang baik dalam pembangunan sektor kemaritiman dan perekonomian di daerah Bumi Nyiur Melambai.

“Semoga ini berjalan terus sehingga bermanfaat banyak bagi masyarakat Sulut dan sekitarnya tapi lebih khususnya tentunya bermanfaat bagi NKRI karena terbuka pintu baru untuk ekspor keluar daerah diluar dari yang sudah ada selama ini, semoga Tuhan memberkati kita semua,” kata Olly sebagaimana dilansir dari situs resmi humaspemprovsulut.com.

Sekedar diketahui, ekspor komoditas Sulut secara langsung dari Manado ke Jepang melalui maskapai Garuda Indonesia merupakan langkah konkrit pemerintah bersinergi dengan industri pengolahan, stakeholder, instansi vertikal serta maskapai penerbangan dalam mendistribusikan komoditi unggulannya ke negara tujuan secara langsung dengan harapan mutu tetap terjaga serta dapat juga menekan biaya transportasi.

(Valent/Ist)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.