DPRD Sulut Ketuk Palu Pemberhentian JAK, Sofyan: Terima Kasih BK DPRD

Pakar hukum/salah satu tim ahli BK DPRD Sulut, Sofyan J Yosadi, SH. (Foto : Mardi Golindra)

MetroManado – Sofyan J Yosadi SH salah satu pakar hukum sekaligus dipercayakan sebagai salah satu tim ahli Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulawesi Utara (Sulut), mengusut tuntas salah satu oknum wakil rakyat yang diduga menyeret istrinya karena kepergok bersama simpanannya beberapa waktu lalu di Kota Tomohon, Sulut.

Sofyan sapaan akrabnya mengatakan, yang bersangkutan saudara James Arthur Kojongian (JAK) sudah melanggar sumpah dan janji sebagai wakil rakyat dalam kelembagaan terhormat, DPRD.

Read More

JAK dinilai sudah tak beretika karena melakukan hal itu di depan umum. Menyeret istri, dr Michaela Elisiana Paruntu (MAP) yang bergantungan di depan kap mesin mobil. Menurut Sofyan beruntung MAP atau dr Mika tak jatuh lalu terlindas kendaraan. Itu bisa merenggut nyawa dan luka-luka yang tak seharusnya dicontohkan wakil rakyat.

“Jika hal itu terjadi (jatuh, meninggal, atau luka-luka), JAK bisa dipidanakan,” ujar Sofyan sembari mengajak masyarakat melaporkan JAK, karena dianggap sangat meresahkan masyarakat.

“Saya pribadi tidak ada dendam sama dia (JAK), ini soal dia sebagai wakil rakyat dan tak memperlihatkan etika. Kasus ini tidak bisa didiamkan begitu saja,” tegas Sofyan.

Adapun usulan Sofyan ini selanjutnya direkomendasikan BK DPRD Sulut dan ikut dibacakan pada sidang paripurna DPRD, bermuara pada ketukan palu pengesahan diberhentikannya JAK sebagai wakil ketua DPRD oleh ketua DPRD Sulut, Selasa (16/02/2021) siang menjelang sore.

Pada sidang paripurna, dari posisi sebagai wakil ketua, JAK diturunkan menjadi anggota DPRD, yang kemudian terserah partainya masih ingin mempertahankannya atau tidak, nasib JAK kini tergantung pada partai yang menaunginya, yakni Partai Golongan Karya (Golkar).

Hingga informasi ini dipublikasikan, belum ada keputusan resmi dari Golkar mengenai limpahan ketua DPRD ini ke parpol yang bersangkutan.

Seperti diketahui, awal kasus ini terjadi pada akhir Januari 2021 lalu di Kota Tomohon. Di mana saat itu JAK diduga bersama simpanannya berinisial AS alias Angel di dalam mobil. Entah datangnya dari mana, dr Mika istri JAK memergokinya lalu spontan menahan laju kendaraan mobil suaminya sembari berpegangan di kap depan mobil bergantungan.

JAK bukannya berhenti, sekitar 30 meter menyeret istri yang sudah berteriak minta tolong, barulah kemudian dihentikan oleh warga sekitar.

(Mardi Golindra)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.