DPRD Kota Manado Tetapkan AARS Gantikan GSVL – Mor Pimpin Kota Manado

Andrei Angouw dan Richard Sualang foto bersama Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Manado usai Paripurna DPRD Kota Manado Penetapan Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Manado. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado lewat rapat sidang paripurna istimewa yang digelar Rabu (24/02/2021) di ruang sidang paripurna DPRD Kota Manado telah menetapkan Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS) sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih periode 2021 – 2024.

Penetapan Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih periode 2021 – 2024 ini, setelah adanya surat yang masuk dari KPU Manado dan diterima oleh Sekretariat DPRD Kota Manado soal surat penetapan Walikota dan Wakil Walikota Manado.

Read More

“Berdasarkan aturan yang dikeluarkan Sekda Provinsi tentang peresmian pengangkatan, dalam hal DPRD tak sampaikan usulan pengangkatan calon terpilih kepada Menteri Dalam Negeri (Memdagri) dalam waktu 5 hari, maka Mendagri akan lakukan usulan mengesahkan pengangkatan wali kota berdasarkan KPU. Salah satu persyaratan yaitu, di dalam pengusulan harus ada berita acara dan risalah sidang paripurna DPRD dalam rangka penetapan. Makanya kami usulkan ke Banmus untuk penjadwalan. Sebab waktu hanya 5 hari sesuai ketentuan dan salah satu persyaratan harus ada berita acara itu,” terang Sekretaris DPRD Kota Manado, Zainal Abidin, Senin (22/02/2021) di ruang kerjanya.

Dan melalui rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Manado, Senin (22/02/2021) disepakati bersama oleh seluruh fraksi, menjadwalkan agenda sidang paripurna istimewa penetapan Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih pada hari ini.


Walikota Manado, Vicky Lumentut dalam sambutan yang disampaikannya via virtual pada sidang paripurna penetapan walikota dan wakil walikota Manado terpilih, menaruh harapan besar dibawah kepemimpinan AARS Manado makin maju dan sejahtera.

“Kepada Andrei Angouw dan Richard Sualang kami tentu berharap ditangan pimpinan kota yang baru, kota Manado akan makin lebih maju dan makin lebih sejahtera masyarakatnya,” ujar Lumentut.



Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Manado, Nortje Van Bone menyampaikan apresiasinya kepada segenap pihak yang telah terlibat dalam pesta demokrasi Pilkada 2020 lalu, sehingga semuanya boleh berjalan dengan baik, aman dan tertib.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah kota manado yang telah mengawal proses pesta demokrasi pemilihan walikota dan wakil walikota manado hingga boleh berjalan dengan baik, selanjutnya, kepada pimpinan TNI dan Polri yang telah menjaga netralitas serta keamanan dan ketertiban pelaksanaan pesta demokrasi kota manado boleh berjalan dengan aman dan tertib.” ucap Nortje Van Bone dihadapan Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih Andrei dan Richard beserta para peserta dan undangan yang hadir dalam sidang paripurna istimewa DPRD Kota Manado.


Pada kesempatan ini juga, Van Bone mengajak seluruh masyarakat untuk bergandengan tangan mendukung pasangan walikota dan wakil walikota Manado terpilih periode 2021 – 2024.

“Tibalah saatnya kita semua warga masyarakat kota Manado untuk bergandengan tangan mendukung calon pasangan walikota dan wakil walikota terpilih didalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan di Kota Manado yang amat sangat kita cintai, dan mari kita wujud wajah kota manado menjadi lebih baik penuh dengan toleransi, gotong royong dan rukun.” ajaknya.

Dengan penetapan ini, kini AARS tinggal menunggu waktu jadwal pelantikan dari Kemendagri untuk disahkan menjabat Walikota dan Wakil Walikota Manado yang baru periode 2021 – 2024.

(Valent)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.