Disaksikan Wamendag, Walikota Maurits Mantiri Resmikan Rumah Produksi Sentra IKM Bitung

Rumah produksi sentra IKM Bitung
Walikota Bitung Maurits Mantiri saat melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya Rumah Produksi Sentra IKM Kota Bitung. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Rumah Produksi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Bitung yang terletak di Kelurahan Sagerat, Matuari, Kota Bitung secara resmi mulai beroperasi.

Hal ini dipastikan, setelah Walikota Bitung, Maurits Mantiri menggunting pita tanda diresmikannya Rumah Produksi IKM Bitung tersebut, Jumat (22/04/2022).

Read More

Pengguntingan pita ini, disaksikan langsung Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga yang turut hadir dalam acara tersebut.

Kehadiran Wamendag ini, selain mengikuti peresmian Rumah Produksi Sentra IKM Bitung, juga sekaligus melaunching Kick Off Duta IKM/UMKM Go Export Produk Lokal untuk Global.

Dalam kesempatan ini, Jerry pun dibuat terkesan dan bangga dengan produk lokal buatan IKM/UMKM Bitung yang berhasil menembus pasar Amerika Serikat.

Jerry pun berterima kasih kepada Walikota Bitung dan jajaran Pemkot Bitung yang telah berupaya menggelar kegiatan Launching Produk IKM/UMKM ini.

Ia juga menjelaskan terkait kinerja eksport Indonesia dari bulan Desember tahun 2021 sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Secara keseluruhan dari bulan Desember 2021, nilai eksport nasional adalah 230 miliar US Dolar. Tertinggi semenjak 15 tahun terakhir,” ungkap Sambuaga.

“Dan neraca perdagangan kita itu mencapai 35,34 miliar US Dolar, tertinggi semenjak tahun 2011,” tambahnya.

Bahkan diungkapkannya, bahwa kontribusi UMKM untuk PDRB melebihi 70%, dan menurut Jerry, itu sangat membantu bagi masyarakat. Ia juga menyebutkan, bahwa eksport nasional tahun 2022 sangat baik.

“Kontribusi setiap daerah, termasuk Kota Bitung memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja eksport nasional. Dan pengembangan pusatnya ada di IKM/UMKM,” terangnya.

Sambuaga pun memberikan semangat kepada para eksportir dari Kota Bitung untuk terus menghasilkan serta menjaga kualitas produk unggulannya.

“Jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada Kemendag,” kata putra Theo Sambuaga ini.

“Kita selalu berupaya dan memastikan agar supaya perkembangan ini terus-menerus berkelanjutan,” ujarnya.

Rumah Produksi Sentra IKM Bitung Diresmikan, Ini Harapan Walikota Maurits Mantiri

Acara Peresmian Rumah Produksi Sentra IKM Kota Bitung oleh Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Launching Kick Off Duta IKM/UMKM Go Export Produk Lokal untuk Global oleh Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Foto : Istimewa)

Sementara itu, Walikota Bitung Maurits Mantiri mengatakan, bahwa Bitung telah memiliki 3 produk IKM/UMKM yang berhasil menembus pasar Amerika Serikat.

“Kita telah memiliki 3 produk IKM/UMKM yang sudah tembus pasar Amerika Serikat,” kata Walikota Bitung.

“Tinggal bagaimana terobosan dari Wamen (Jerry Sambuaga) untuk kita bersama mengembangkan produk yang siap eksport,” lanjutnya.

Menurut Walikota Maurits, produk UMKM ini layak dianggap sebagai pahlawan Kota Bitung. Berani mengambil kesempatan dan berhasil masuk pasar global seperti yang diharapkan Presiden Joko Widodo.

“Ini akan menjadi target kita untuk meningkatkan produk lokal dengan belanja dari produk lokal yang kita miliki,” jelas Walikota Maurits Mantiri.

“Tinggal bagaimana meningkatkan packaging kita dan eksport menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Direktur Perundingan Perdagangan Jasa, Basaria Tiara, dan Sekretaris Direktorat Perundingan Perdagangan Internasional, Ari Satria.

Serta, para jajaran Pemerintah Kota Bitung yang ikut mendampingi Walikota Maurits Mantiri pada kegiatan ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.