Diresmikan Jokowi, Tol Manado-Bitung Bisa Hemat Waktu Perjalanan Satu Jam

Jalan tol manado bitung
Presiden Joko Widodo saat menandatangani prasasti peresmian Tol Manado-Bitung didampingi oleh Walikota Bitung, Maurits Mantiri. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Pembangunan jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 KM yang menghubungkan Kota Manado dan Bitung akhirnya selesai dikerjakan.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya peresmian ruas jalan tol section Danowudu-Bitung oleh Presiden RI, Joko Widodo di Gerbang Tol Bitung, Kota Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (25/02/2022).

Read More
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri PUPR Basuki Hasimuljono (kanan) dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kiri) saat berada di Gerbang Tol Bitung. (Foto : Istimewa)

Diketahi sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah meresmikan ruas jalan tol section Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer, pada September 2020 lalu.

Dengan demikian, perjalanan Manado Bitung, yang biasanya ditempuh dengan waktu 1,5 jam, dapat ditempuh hanya dengan waktu 30 menit melalui jalan tol ini.

Sebagaimana dikatakan Presiden Jokowi, berdasarkan pengalaman pribadinya melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung menggunakan jalan tol tersebut.

“Tadi saya meniti 35 menit, tapi enggak ngebut. Kalau ngebut saya kira 30 menit sampai,” ucap Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meyakini dengan adanya jalan tol ini dapat bermanfaat dalam mendukung kelancaran aktivitas masyarakat di Sulut.

“Dengan tuntasnya ruas Danowudu-Bitung, maka jalan tol Manado-Bitung telah terhubung secara penuh dengan total panjang 39,8 KM,” ucap Jokowi.

“Siap untuk dimanfaatkan serta mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara,” tambahnya.

Jokowi juga menilai, bahwa ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang dari Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung.

“Juga nantinya akan diarahkan ke daerah Likupang, setelah selesai semuanya,” tandas Jokowi.

Pada kesempatan ini, Walikota Bitung, Maurits Mantiri turut serta mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian jalan tol tersebut.

Selesai dari peresmian tol, Walikota Maurits juga ikut mendampingi Presiden saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Pelabuhan Peti Kemas, Bitung.

(DAM/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.