Didampingi Walikota Manado, Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Danowudu-Bitung

Jalan tol Manado Bitung
Peresmian jalan tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung oleh Presiden Joko Widodo didampingi Walikota Manado, Andrei Angouw. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung, ruas Danowudu-Bitung, di Gerbang Tol Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (25/02/2022).

Walikota Manado, Andrei Angouw ikut mendampingi Presiden Jokowi saat menekan tombol sirene sebagai tanda diresmikannya jalan tol Manado-Bitung, ruas Danowudu-Bitung tersebut.

Read More

Peresmian jalan tol sepanjang 13,5 kilometer ini juga menandai selesainya pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer.

“Sore hari ini, Jalan Tol Manado-Bitung, Seksi Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer telah rampung dan telah selesai,” ujar Presiden Jokowi dikutip dari setkab.go.id.

“Dengan demikian, seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan. Untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara,” tambahnya.

Sebelumnya, pada September 2020 Presiden Jokowi telah meresmikan ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer.

Keberadaan jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5-2 jam menjadi sekitar 30-35 menit.

“Tadi saya meniti 35 menit, tapi enggak ngebut. Kalau ngebut saya kira 30 menit sampai,” ucap Jokowi.

Jokowi meyakini, jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, dan juga mobilitas orang dari Manado ke Bitung.

“Kita berharap dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” harap Jokowi.

“Kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulut melebihi dari nasional. Karena di 2021 di Sulut memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey berharap kehadiran infrastruktur ini dapat terus memacu pertumbuhan di Sulut.

Di tahun 2021 ekonomi di wilayah ini mampu tumbuh 4,17 persen atau di atas pertumbuhan nasional.

“Semoga peresmian hari ini mempercepat pertumbuhan ekonomi kawasan KEK dan juga kawasan pariwisata Likupang,” pungkasnya.

(Redaksi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.