Bupati Franky Wongkar Ingatkan PNS Pemkab Minsel Akan Tiga Fungsi Utamanya

Bupati Minsel
Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar, SH. (Foto : Palakat Minsel)

MetroManado – Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar mengingatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Minsel akan tiga fungsi utamanya.

Hal ini disampaikannya saat membuka Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III di Politeknik Pelayaran Sulut, Desa Tawaang Kecamatan Tenga, Minsel, Selasa (27/07/2021).

Read More

Adapun tiga fungsi PNS tersebut yakni, pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa.

Tiga fungsi PNS ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pada Pasal 10.

Pada kesempatan ini, Wongkar juga ikut menjelaskan tiga fungsi PNS tersebut untuk diketahui dan dilaksanakan oleh PNS Pemkab Minsel.

“Yaitu pertama pelaksana kebijkaan publik. Jika menyimpang maka akan berurusan dengan hal-hal lain yang tidak dinginkan atau akan berhubungan aturan yang berlaku,” kata Wongkar.

“Kedua pelayanan publik. Bapak ibu harus menempatkan diri menerima setiap orang, tidak memandang suku agama dan ras atau partai politik. Harus dihindarkan dari kepribadian yang membeda-bedakan pelayanan kepada orang yang akan kita layani. Karena masyarakat harus kita layani,” jelasnya.

“Serta ketiga yaitu perekat dan pemersatu bangsa. Peran untuk mempersatukan orang-orang yang ada di Minsel, di Sulut dan Indonesia. Jangan bapak ibu yang jadi penyuluh untuk membuat situasi dan suasana yang tidak kondusif,” ucapnya.

Wongkar juga mengingatkan PNS harus mampu membangun komunikasi dan menjalin kerja sama yang baik dilingkup kerja dimana dia bertugas.

“Jangan sampai jadi PNS yang karakternya ingin menang sendiri. Yang saya butuhkan adalah kerjasama tim dilingkungan dan instansi bapak ibu bekerja nanti,” imbuhnya.

Bupati Franky Wongkar juga mengharapkan para PNS Pemkab Minsel memiliki karakter yang tangguh, pantang menyerah dan bertanggungjawab.

“Jadilah karakter yang tangguh, jadilah karakter yang pantang menyerah, jadilah karakter yang bertanggungjawab dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi yang melekat pada bapak dan ibu,” tegas Franky Wongkar.

(ChaLe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.