Angouw : Kepala SKPD Pejabat Paling Bertanggung Jawab Selesaikan TLHP

Pemuktahiran Data TLHP
Kegiatan Pemuktahiran Data TLHP Semester I Tahun 2021 di lingkungan Pemkot Manado. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Walikota Manado Andrei Angouw mengingatkan tanggung jawab kepala SKPD dalam menyelesaikan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHL).

Menurutnya, Kepala SKPD merupakan pejabat yang paling bertanggung jawab atas penyelesaian TLHP disetiap SKPD masing-masing.

Read More

Hal ini disampaikannya saat menghadiri dan membuka kegiatan pemuktahiran data TLHP semester I tahun 2021 di lingkungan Pemkot Manado, Rabu (02/06/2021).

“Dan perlu saya ingatkan disini, bahwa kepala perangkat daerah merupakan pejabat paling bertanggung jawab atas penyelesaian TLHP di masing-masing perangkat daerah,” ucap Angouw.

Adapun kegiatan ini diselenggarakan oleh Inspektorat Kota Manado di Ruang Toar Lumimuut Kantor Walikota Manado, yang terletak di jalan Balai Kota, Tikala, Manado.

Pada kesempatan ini juga, Angouw menyampaikan TLHP merupakan salah satu aspek yang mendasar dalam peningkatan kualitas pengawasan.

“Sebagaimana termaktub dalam PP Republik Indonesia nomor 12 tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah juncto Permendagri nomor 8 tahun 2009 tentang perubahan atas Permendgri nomor 23 tahun 2007 tentang pedoman tatacara pengawasan atas penyelenggaraan pemerintah daerah,” kata Angouw.

Untuk itu, Angouw pun mengingatkan pentingnya kesadaran instansi pemerintah dalam pengawasan dan pelaksanaan TLHP.

“Kesadaran instansi pemerintah akan bermuara pada terwujudnya pemerintahan yang semakin bersih dan akuntabel,” jelas Bendahara DPD PDI Perjuangan Sulut ini.

“Serta berkemampuan, dalam upayanya untuk mengangkat derajat dan kualitas hidup masyarakat yang kita layani,” kata mantan Ketua DPRD Sulut ini.

Tak lupa juga, Andrei meminta dan menegaskan kepada Kepala SKPD Kota Manado untuk segera menuntaskan akan TLHP.

“Komitmen kita bersama dalam rangka mewujudkan Manado maju dan sejahtera antara lain dari keseriusan kita dalam menuntaskan tlhp,” terang Andrei.

“Tuntas tidak berarti bypass, karena proses juga berperan penting dalam perbaikan selain juga karena proses merupakan bagian dari perbaikan itu sendiri,” pungkasnya.

Walikota Manado turut didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler Lakat dalam kegiatan ini.

Hadir juga dalam kegiatan ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Inspektur, Staf Ahli, serta para Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkot Manado.

(Valent)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.