AARS Terima Kunjungan BPKP, Bahas Soal PAD dan Tata Kelola Anggaran Pemkot Manado

Pemkot Manado
Walikota Manado Andrei Angouw bersama Wakil Walikota Manado Richard Sualang menerima kunjungan BPKP Sulut di ruang kerja Walikota Manado. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Pemerintah Kota Manado (Pemkot Manado) dibawah kepemimpinan Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang (AARS) menunjukkan komitmennya dalam membawa Manado maju dan sejahtera.

Beragam terobosan dilakukan oleh duet AARS ini sejak dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado pada Senin (10/05/2021) lalu.

Read More

Kali ini, bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), AARS pun membahas kiat-kiat untuk dapat mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) beserta peta potensinya.

Hal ini dibahas BPKP Sulut bersama AARS yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler Lakat di ruang kerja Walikota Manado, Tikala, Rabu (19/05/2021).

Selain itu, pedoman pengawasan serta pengelolaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) yang integrate ikut dibahas dalam pertemuan ini, yang dinilai dan akan sangat membantu dalam perencanaan, penyajian dan pelaporan akan lebih akuntabel.

SIMDA Integrated didalamnya terdapat berbagai aplikasi yang saling mendukung, terdiri dari SIMDA Perencanaan, SIMDA Keuangan, SIMDA SAKIP dan didukung dengan SIMDA BMD serta SIMDA Gaji.

Aplikasi ini diciptakan untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memungkinkan sebagai sarana berbagi data, berbagi infrasturuktur, dan sebagai sarana untuk saling berkomunikasi antara aplikasi dengan aplikasi lainnya.

AARS pun mengharapkan, nantinya akan ada koordinasi yang baik anatara Perwakilan BPKP di Sulut dengan Inspektorat Pemkot Manado guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik  dalam hal penggunaan anggaran.

Pada kesempatan ini, perwakilan BPKP Sulut pun menyampaikan siap membantu dan menyiapkan pedoman kepada Pemerintah Kota Manado dalam hal pengelolaan anggaran yang baik, lebih khusus penyiapan medium evaluasi perencanaan dan penggunaan anggaran.

(Yonfree)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.