Beasiswa PIP Tahap II Mulai Disalurkan, Ini Kata Anggota DPR RI Vanda Sarundajang

  • Whatsapp
PIP tahap II disalurkan
Anggota DPR RI, Vanda Sarundajang. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Bantuan pendidikan bagi siswa sekolah (beasiswa) melalui Program Indonesia Pintar (PIP) tahap II tahun 2021 sudah mulai disalurkan.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Vanda Sarundajang kembali menegaskan, bahwa tidak ada pungutan liar dalam proses penyaluran beasiswa PIP kepada para siswa ini.

Read More

”Dalam penyaluran nantinya tidak ada pungutan dalam bentuk apapun,” tegas Vanda Sarundajang kepada media di Manado, Senin (22/11/2021).

“Semua siswa harus menerima dana tersebut dengan utuh dan tidak boleh kurang, karena sanksi hukumnya jelas,” tambahnya.

Diakui Vanda, penyalurkan beasiswa PIP yang diperuntukkan untuk membantu meringankan biaya sekolah para siswa di tahun 2021 ini, agak berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Penyaluran beasiswa tahun ini oleh pemerintah pusat agak berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang tadinya hanya 1 tahap,” ucap Vanda.

Ditambahkannya, hal ini dikarenakan pemerintah menginginkan data penerima PIP sesuai dengan identitas penerima.

“Yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama Ibu kandung sesuai dengan Kartu Keluarga,” ujar Vanda yang juga akrab disapa Vasung.

Lanjut disampaikannya, bahwa hal ini dilakukan dengan tujuan agar bantuan PIP ini tepat sasaran kepada penerima.

“Sehingga menjadi 2 tahap penerimaan. Tahap pertama penerima yang datanya sudah lengkap dan tahap ke 2 merupakan usulan yang sudah diperbaiki oleh sekolah,” jelas Vasung.

Untuk itu, Vanda mengharapkan peran serta aktif dari pihak sekolah dalam mengupdate data para siswa di Dapodik Kemendikbud RI.

”Saya meminta pihak sekolah, agar selalu melakukan registrasi kembali data ke Dapodik Kemendikbud, agar data siswa selalu terupdate ,” kata Vanda.

Tahun ini disamping penyaluran kepada siswa SD, SMP, SMA dan SMK. VaSung juga menyasar Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sulawesi Utara sebagai penerima PIP dari jalur aspirasinya.

Selain diperuntukan untuk keperluan siswa dalam bersekolah. PIP ini juga membantu siswa yang tadinya putus sekolah karena alasan tidak mampu membayar biaya pendidikan agar bisa bersekolah kembali.

(Valent/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *