Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Trinita Gelar Capping Day Angkatan XIII

  • Whatsapp
Capping Day Universitas Trinita
Universitas Trinita Fakultas Ilmu Kesehatan menggelar Capping Day Angkatan XIII Program Studi D-III Kebidanan. (Foto : Trinita)

MetroManado – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Trinita menggelar kegiatan Capping Day Angkatan XIII Program Studi D-III Kebidanan.

Capping Day atau acara ucap janji dan pemasangan cap (topi perawat) bagi calon perawat ini digelar di Aula Universitas Trinita, Malalayang, Kota Manado, Jumat (10/09/2021).

Read More

Mahasiswa Universitas Trinita Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi D-III Kebidanan yang mengikuti Capping Day Tahun 2021. (Foto : Trinita)

Kegiatan ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Diikuti oleh 60 calon perawat, mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Trinita Prodi D-III Kebidanan.

Selain digelar di aula kampus, acara ini juga digelar secara virtual dan dapat disaksikan dalam siaran langsung di akun resmi FB milik Universitas Trinita.

Dan mewakili Walikota dan Wakil Walikota Manado, menghadiri langsung acara ini, yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr. Joy Sekeon, MKes.

Pada kesempatan ini, dr Joy Sekeon menyampaikan bahwa Pemkot Manado membutuhkan tenaga kesehatan yang profesional dan berkualitas.

“Kita (Pemkot Manado) membutuhkan tenaga kesehatan yang berkualitas. Yang bisa bekerja dengan tulus dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kadis Kesehatan Manado ini.

Pemasangan Cap atau topi perawat oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Trinita kepada mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan. (Foto : Trinita)

Menurut Kadis Kesehatan Manado ini, bahwa masalah kesehatan sangat penting didalam pembangunan suatu daerah.

“Untuk masalah kesehatan, semua sangat penting dalam pembangunan,” ucap dr Joy Sekeon.

Bahkan, dia menyampaikan, bahwa ada program yang sangat penting dalam standar pelayanan untuk kesehatan.

“Yakni, menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi,” ungkapnya.

“Dan salah satu tenaga kesehatan yang berperan penting untuk program ini adalah adik-adik, yang jika lulus nanti menjadi bidan,” tambahnya.

Selanjutnya, Sekeon mewakili Pemkot Manado mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang mengikuti kegiatan Capping Day.

“Selamat kepada adik-adik atas pelaksanaan prosesi Capping Day,” kata Sekeon.

Capping Day, Saerang Harap Mahasiswa Kebidanan Trinita Ikuti Semangat Florence Nightangle

Pembina Yayasan Prisma Sulut, Apriano Ade Saerang, ST, SE, M.Si saat membawakan sambutan dalam Capping Day. (Foto : Trinita)

Sementara itu, Pembina Yayasan Prisma Sulut, Apriano Ade Saerang, ST,SE, M.Si menyampaikan rasa syukurnya dapat menyelenggarakan Capping Day ini.

“Puji dan syukur kepada TUHAN, bahwa pelaksanaan capping atau pemasangan cap atas ijin Tuhan bisa kita laksanakan,” ucap Apriano Saerang.

Saerang juga menyampaikan esensi dari dalam pelaksanaan Capping Day ini, yakni mengingatkan akan perjuangan seorang tokoh perawat bernama Florence Nightangle.

“Hal ini mengingatkan kita semua akan perjuangan seorang pahlawan tokoh perawat Florence Nightangle,” ujar Saerang.

“Waktu itu, zaman peperangan, zaman wabah, ditengah keterbatasan dengan semangatnya terus berjuang untuk menolong orang lain,” terangnya.

Ketua DPC Taruna Merah Putih Kota Manado ini pun berharap para mahasiswa kebidanan Universitas Trinita dapat mencontohi semangat juang dari tokoh perawat tersebut.

“Saya harapkan adik-adik mahasiswa dapat mengikuti semangat dari seorang Florense Nightangle,” kata Saerang.

“Berjuang terus dan selalu semangat dalam segala hal,” tandasnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sulut, Maria Dondokambey, dan Rektor Universitas Trinita, Demsy Sasewa, S.Sos, SE, M.Si, bersama para dosen.

Sedangkan Ketua Yayasan Prisma Sulut, Merry JJ Langi, SE, M.Si mengikutinya secara virtual dari Jakarta.

(Valent)

Editor: Ivan Pelealu

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *