Hebat! KPK Akui Tata Kelola Pemerintahan ODSK Terbaik se-Indonesia

  • Whatsapp
Tata Kelola Pemerintahan ODSK
KPK akui tata kelola Pemerintahan ODSK terbaik se-Indonesia. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Tata kelola Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK) merupakan yang terbaik se-Indonesia.

Hal ini diakui oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI). Setelah melalui beragam penilaian dari Tim KPK RI berdasarkan 8 area intervensi.

Read More

Delapan area intervensi yang dimaksud yakni, perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu.

Kapabilitas APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset, dan tata kelola dana desa (untuk Kabupaten).

Dimana nilai MCP (Monitoring Center Prevention) Pemprov Sulut dengan indeks 61,27 merupakan yang tertinggi diantara 34 provinsi di Indonesia.

Hasil penilaian KPK ini diumumkan oleh Ketua KPK RI, Firli Bahuri dalam kegiatan Launching Sinergitas Pengelolaan Bersama MCP dan Rakorwasdanas 2021, Selasa (31/08/2021).

“Saya atas nama segenap insan KPK menyampaikan apresiasi dan selamat kepada sepuluh daerah yang memiliki nilai MCP tertinggi,” kata Firli Bahuri saat mengumumkan 10 provinsi dengan nilai MCP tertinggi, pada kegiatan launching tersebut.

Kegiatan yang digagas oleh KPK dengan menggandeng Kemendagri dan BPKP ini, digelar secara virtual menggunakan teknologi telekonferensi.

Diketahui, capaian MCP ini merupakan hasil dalam pemenuhan dokumen maupun perbaikan sistem tata kelola pemerintahan.

Dinilai secara independen oleh Tim KPK berdasarkan 8 area intervensi yang disebutkan diatas.

Adapun 10 provinsi dengan nilai MCP tertinggi se-Indonesia untuk triwulan II tahun 2021, ialah:

  1. Sulawesi Utara 61,27
  2. Bali 60.97
  3. Jawa Tengah 60.68
  4. DKI Jakarta 58,62
  5. Sumatera Utara 58,49
  6. Jawa Barat 56.04
  7. Nangroe Aceh Darussalam 45,40
  8. Jawa Timur 40.80
  9. Sulawesi Selatan 40,08
  10. Banten 39.62

Kegiatan ini diikuti oleh Wagub Steven Kandouw dari kediamannya. Sementara Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Asisten III, Inspektur dan Kaban BKD Sulut, mengikutinya dari ruang Command Centre Pemprov Sulut.

(Valent)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *