Kemenkop UKM Bakal Bangun Factory Sharing Olahan Komiditi Kelapa di Minsel

  • Whatsapp
Factory Sharing
Kemenkop UKM bakal bangun Factory Sharing olahan komuditas kelapa dan turunannya di Kabupaten Minsel. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) rencananya akan membangun Factory Sharing di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Factory Sharing atau rumah produksi bersama akan dibangun di Minsel. Khusus untuk olahan produk komuditi kelapa dan turunannya.

Read More

Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar saat menerima audiensi dari Tim Visibility Study Kemenkop UKM diruang kerjanya, Kamis (19/08/2021) terkait pembangunan Factory Sharing di Minsel. (Foto : Palakat Minsel)

Hal ini disampaikan Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, SH usai menerima kunjungan dari Tim Visibility Study Kemenkop UKM diruang kerjanya, pada Kamis (19/08/2021).

“Tahun 2022, di Kabupaten Minahasa Selatan akan dibangun pabrik kelapa dan turunannya,” ujar Bupati Minsel.

“Pembangunan pabrik kelapa dan turunannya tersebut merupakan program Rumah Produksi Bersama atau Factory Sharing Kemenkop UKM,” tuturnya.

Wongkar menyambut baik program dari pemerintah pusat tersebut. Program ini dinilainya, sejalan dengan visi Kabupaten Minsel.

“Hal ini sejalan dengan visi daerah (Minsel) yaitu Maju, Berkepribadian dan Sejahtera,” ucap Wongkar.

Lanjut dikatakannya, anggaran Kemenkop UKM tersebut yang akan difasilitasi oleh Bappenas ini akan dikucurkan pada tahun anggaran 2022.

“Tak tanggung-tanggung anggaran Kemenkop UKM yang difasilitasi Bappenas akan dikucurkan di Minsel tahun 2022 nanti,” tandas Wongkar.

Sekedar diketahui, Sulawesi Utara (Sulut) merupakan salah satu dari lima provinsi yang menjadi pilot project program Kemenkop UKM tersebut di tahun 2021.

Khusus di Sulut, Factory Sharing ini akan mengolah produk komuditi unggulan kelapa dan turunannya. Minsel dipilih menjadi tempat untuk dibangunnya Factory Sharing tersebut.

Rencananya pada bulan September 2021 nanti, akan dilakukan Detail Engineering Design (DED) oleh Kemenkop UKM terkait program tersebut di Minsel.

Kadis Koperasi UKM Minsel, Meidy Maindoka turut mendampingi Bupati Minsel dalam pertemuan tersebut.

(ChaLe)

Editor: Ivan Pelealu

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *