Dituding ‘Lepas Tangan’ Soal Pekerja Perkebunan Pungkol, Ini Tanggapan Sabir Hasan

  • Whatsapp
Sabir Hasan
Ketua SPSI PP PT Lonsum Sumatera Tbk Pungkol Estate, Sabir Hasan. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PP PT London Sumatera (Lonsum) Tbk Pungkol Estate, Sabir Hassan, angkat bicara soal tudingan yang menyatakan dirinya ‘lepas tangan’ masalah pekerja di perusahaan tersebut.

Hal ini disampaikan Sabir Hasan melalui pesan singkat dari aplikasi WhatsApp kepada MetroManado.com, Rabu (14/07/2021).

Read More

Dalam pernyataannya, Sabir menyayangkan adanya statement ‘miring’ dari seorang tokoh masyarakat yang diketahui juga mantan Hukum Tua Desa Wawontulap, Fadli Tapola terhadap dirinya.

Menurut Sabir, Fadli Tapola tidak memiliki kapasitas dalam membicarakan soal pekerja Perkebunan Pungkol tersebut.

“Kapasitas orang yang mengeluarkan ucapan itu saya sudah tahu. Jadi saya tidak ambil pusing. Intinya, saya ingin meluruskan tudingan ini,” kata Sabir kepada MetroManado.com, Rabu (14/07/2021).

Sabir pun juga membeberkan bahwa memang saat ini ada oknum karyawan yang tersandung dugaan tindak pidana jenis pencurian dan sedang ditangani pihak kepolisian.

“Pihak berwajib sedang menangani masalah ini. Jadi ikuti saja prosesnya. Dan yang perlu diketahui, saya sebagai ketua SPSI, tidak bisa masuk ke rana itu. Meskipun bisa, saya harus koordinasikan kembali dengan atasan saya,” beber Sabir.

Selain itu kata Sabir, dirinya tidak pernah dihubungi oleh oknum yang diduga melakukan tindakan kriminal tersebut. Bahkan menurutnya, SPSI sebagai wadah atau tempat pengaduan para pekerja tidak pernah dianggap oleh yang bersangkutan.

“Masalah ini sudah berselang sekitar sebulan lamanya tapi saya tidak pernah dihubungi. Mungkin karena organisasi ini tidak dianggap oleh yang bersangkutan,” tambah Sabir.

Sebelumnya, diberitakan Sabir Hasan sebagai Ketua SPSI Perkebunan Pungkol tidak melaksanakan tanggung jawabnya dalam melindungi hak para pekerja di perkebunan coklat milik PT Lonsum Tbk Pungkol Estate.

Tudingan ini dilontarkan oleh salah satu tokoh masyarakat yang juga mantan Hukum Tua Desa Wawontulap, Fadli Tapola.

Sekedar informasi, lokasi perkebunan coklat milik PT Lonsum Tbk Pungkol Estate berada di Desa Wawontulap, Kecamatan Tatapaan, Minsel.

(Ewin)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *