Diduga Melanggar, 10 Perangkat Desa Wawontulap Dipecat Secara Sepihak

  • Whatsapp
Plt Hukumtua Bill Werung dan BPD Desa Wawontulap Saiful Harun saat memimpin rapat pertemuan desa. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Sepuluh perangkat Desa Wawontulap Kecamatan Tatapaan dipecat atau diberhentikan secara sepihak oleh Kepala Desa/Hukum Tua, Bill Werung.

Alasan para perangkat desa ini dipecat, karena dinilai tidak lagi menjalankan tugas sesuai dengan Tupoksi. Serta dinilai telah bersikap tidak netral saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 lalu di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Read More

Saat dikonfirmasi, Werung menyebutkan bahwa, kesepuluh perangkat desa ini sudah dinonaktifkan sejak Juni 2021. Nantinya akan ada sepuluh pengganti yang baru.

“Untuk pengganti perangkat desa, saat ini masih sementara berposes penjaringan dan saat ini masih tahapan wawancara,” katanya kepada MetroManado.com, Sabtu (10/07/2021).

Werung juga mengatakan jika beberapa perangkat desa ini tidak menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

“Yang paling utama sebetulnya, persoalan netralitas Pilkada kemarin, ada beberapa beberapa bukti pelanggaraan saat Pilkada lalu yang kami dapatkan,” ucapnya.

Ditambahkannya, saat ini ia juga masih menunggu rekomendasi dari Camat Tatapaan, meski rekomendasi tesebut diterimanya secara lisan belum secara tertulis.

“Kita menunggu saja rekomendasi dari camat, karena walau bagaimanapun ia atasan saya,” terang Plt Hukum Tua ini.

Sementara itu, salah satu perangkat desa yang dinonaktifkan mengungkapkan, jika sampai saat ini, ia dan rekan-rekannya belum mengetahui alasan pemecatan yang dilakukan oleh Plt Kumtua Desa Wawontulap itu.

“Jika memang kita ini melanggar, tolong dijelaskan pelanggaran apa yang kami perbuat selama ini,” ujar perangkat desa yang tidak ingin namanya diketahui ini.

Bahkan, ia menilai Kumtua tidak dapat menunjukkan pelanggaran dan bukti-bukti pelanggaran, sehingga ia dan rekannya dinilai melanggar aturan.

“Kalau memang benar, tunjukkan buktinya kesalahan kami dimana?,” pungkasnya.

(Ewin)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *