Resmi Diluncurkan, Kini Hanya Lewat HP Masyarakat Dapat Laporkan Polisi ‘Nakal’

  • Whatsapp
Propam Presisi
Polri luncurkan Aplikasi terbaru Propam Presisi untuk membuka ruang pengaduan bagi masyarakat guna mengawasi kinerja dari Kepolisian. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) resmi meluncurkan aplikasi terbarunya yakni Propam Presisi.

Aplikasi yang dapat ditemukan di Play Store dan App Store ini diluncurkan Polri sebagai bentuk implementasi pengaduan masyarakat terkait dengan kinerja-kinerja dari aparat kepolisian.

Read More

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan aplikasi Propam Presisi ini merupakan bagian dari upaya implementasi empat transformasi untuk menuju Polri Presisi.

“Ini adalah bagian dari transformasi pengawasan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi 4.0,” ujar Kapolri dalam launching aplikasi Propam Presisi di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/04/2021).

“Sehingga tentunya dari sisi pengawasan baik yang dilakukan oleh internal, maupun pengawasan yang dilakukan oleh eksternal semuanya bisa memanfaatkan aplikasi yang baru saja dilaunching,” tambah Mantan Kabareskrim Polri ini.

Listyo Sigit Prabowo pun berharap dengan adanya aplikasi ini baik personel, maupun institusi Polri ini bisa menjadi semakin lebih baik ke depan dan makin dicintai masyarakat.

Adapun 5 langkah yang dapat diikuti oleh masyarakat untuk membuat pengaduan dalam aplikasi ini, sebagaimana informasi yang diperoleh MetroManado.com, sebagai berikut :

Langkah 1
Unduh Aplikasi PROPAM PRESISI
Buka Playstore atau Appstore, kemudian cari “Propam Presisi” dan tekan tombol unduh

Langkah 2
Buka Aplikasi PROPAM PRESISI
Setelah pengunduhan selesai, buka aplikasi “Propam Presisi” kemudian klik menu “Buat Pengaduan”

Langkah 3
Lakukan Verifikasi Identitas
Verifikasi indetitas anda sebagai pelapor dengan memasukkan NIK anda pada kolom yang tersedia dan melakulan swafoto (foto selfie), kemudian tekan tombol verifikasi.

Langkah 4
Isi Formulir Pengaduan
Setelah verifikasi berhasil, indetitas pelapor akan terisi secara otomatis pada formulir pengaduan, kemudian dilanjutkan pada pengisian kolom-kolom pengaduan yang kosong.

Langkah 5
Klik Tombol Kirim
Pastikan kolom-kolom sudah diisi dengan benar, selanjutnya klik tombol kirim pada layar handphone anda. Notifikasi akan muncul bila pengaduan sudah terkirim ke bagian Pelayanan Pengaduan Masyarakat Propam Presisi.

Bila mengalami kegagalan dalam proses pengiriman, dapat diulangi kembali sampai berhasil.

(Valent/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *