Kronologis Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

  • Whatsapp
Bom Bunuh diri
Situasi pasca ledakan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Berikut kronologis insiden teror diduga bom bunuh diri di sekitaran Gereja Katedral Makassar, Jalan Kajailolido yang terjadi pukul 10.28 Wita, pada Minggu, (28/3/2021).

“Mohon Ijin Komandan Melaporkan Baket Awal Pada hari Minggu tanggal 28 Maret 2021 sekitar pukul 10.20 Wita bertempat di Gereja Catedral Jl.Kajaolalido Makassar, telah terjadi ledakan yang diduga Bom Bunuh diri,” demikian laporan kronologis yang diterima MetroManado melalui search WhatsApp grup, Minggu (28/3).

Read More

° Kronologis kejadian:

  1. Menurut keterangan saudara Akbar 23 tahun, alamat Jalan Bulurokeng, pekerjaan Ssecurity Master Place, menjelaskan, awalnya ia jaga warung depan Gereja Katedral kemudian melihat orang berkerumun di depan gereja dan tiba-tiba mendengar suara ledakan dan melihat potongan badan berserakan di jalan.
  2. Saudara Laele 56 tahun, pekerjaan penyuluh Agama Islam Non PNS, alamat Kecamatan Mamajang, Jalan Veteran Selatan Lr. 8 No. 3B Kec. Mamajang Makassar HP 085255693×××.
  3. Saudari Naima, 39 Tahun, apek IRT alamat Jalan Veteran Selatan Lr. 8 No. 3B Kec. Mamajang Makassar.
    (Suami Isteri).

Saksi mau pulang ke rumah dan melewati Jalan Kajalalido dan sebelum tiba di depan Geraja Katedral tiba-tiba Meledak dan mendengar satu kali ledakan besar kemudian melihat asap besar dan tubuh manusia berserakan seperti rambut.

° Adapun yang ditemukan di TKP:

  1. Potongan badan yang berserakan di Jalan Kajaolalido.
  2. Paku dan lempengan plat yang diduga dari bom.
  3. Satu unit motor terbakar di pintu pagar Gereja Katedral.

° Adapun Akibat dari Kejadian :

  1. Mobil Honda Mobilio Nopol DD 1799 UK.
  2. Taxi, Nopol DP 1901
  3. Kaca

✓ Pukul 10.25 Wita, Personel Sat Intelkam yang standby Mako tiba dan langsung mengamankan TKP.

✓ Pukul 10.35 Wita, Kapolrestabes Makassar tiba di TKP.

✓ Pukul 10.50 Wita, Kasat Intelkam Polrestabes Makassar tiba di TKP.

✓ Pukul 11.00 Wita, Kapolda Sulsel tiba di TKP.

Demikian Perkembangan di Laporkan

Sementara itu Pastor Wihelmus saat dimintai keterangan mengatakan, dirinya saat itu sedang melakukan pergantian ibadah kedua di dalam Gereja Katedral dan tiba-tiba para jemaat dikejutkan lantaran adanya seorang pengendara motor memaksa masuk halaman gereja.

“Pergantian ibadah kedua saat itu, tiba-tiba ada seorang pengendara motor memaksa masuk dan ditahan oleh petugas gereja di depan pintu pagar Gereja. Saat itu petugas gereja mencurigai pria tersebut hingga terjadilah ledakan,” tukas Wihelmus.

(Mardi Golindra/Yonfree)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *