Manganang 28 Tahun Berstatus Wanita TNI, Hari ini Resmi Jadi Pria

  • Whatsapp
Aprilio Manganang
Mantan Atlet Voli Putri Indonesia resmi ubah nama dan jenis kelamin. (Foto: Istimewa)

MetroManado – Prajurit TNI AD Sersan Dua Aprilia Santini Manganang mengajukan pergantian nama dan status jenis kelamin di Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (19/3/2021) pagi.

Sidang tersebut digelar di dua lokasi, Mabes TNI di Jakarta, dan di PN Tondano secara virtual.

Read More

Ekspresi serta pernyataan Aprilia Santini Manganang setelah permohonannya dikabulkan oleh majelis hakim, pada sidang Perdata permohonan penetapan perubahan identitas status jenis kelamin dan nama, dari mantan pevoli nasional wanita. Serda Aprilia Manganang, tak bisa menahan harunya.

Dengan mata berkaca-kaca, Manganang, tak henti-hentinya mengucapkan banyak terima kasih majalis hakim dan seluruh rakyat Indonesia pada umumnya yang selama ini selalu mensupportnya.

“Terima kasih yang mulia, terima kasih yang mulia, terima kasih masyarakat Indonesia,” ujar Manganang menarik nafas panjang di depan hakim.

“Semoga ini menjadi awal yang baik bagi saya, sebab inilah yang saya inginkan selama ini,” sambung Manganang.

Video atau pernyataan selengkapnya bisa dilihat di YouTube Channel Berbagi Cerita.

Adapun sidang yang dilaksanakan di ruang sidang utama Prof DR Muhammad Hatta Ali SH MH ini, dimulai sekitar pukul 09.00 Wita, dipimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Klas IB Nova Loura Sasube SH MH, berdasarkan surat Nomor 98/pttp/2021/Pengadilan Negeri Tondano tertanggal 12 Maret 2021.

Putusan sidang tersebut menetapkan pemohon Aprilia Manganang berubah jenis kelamin, yang sebelumnya berjenis kelamin perempuan, kini menjadi jenis kelamin laki-laki.

“Menetapkan pergantian nama pemohon, yang semula bernama Aprilia Santini Manganang berubah nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang,” ujar majelis hakim mengesahkan permohonan pria asal Tahuna, Sulut itu.

Perkasa nama tengah Manganang, sepertinya diambil dari nama akhir Jenderal TNI Andika Perkasa.

Diketahui Jendral Andika Perkasa, adalah sosok dibalik berubahnya Manganang menjadi seorang pria, yang notabene-nya mengalami kelainan medis, yang dinamai hipospadia. Jenderal TNI Andika Perkasa sendiri adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), juga turut hadir pada sidang pergantian nama bawahannya itu.

Sebelumnya, Aprilia Manganang juga diberi nama ‘Lanang’ oleh istri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa. Ia mengatakan, ‘Lanang’ dalam bahasa Jawa berarti lelaki. Hetty berharap nama itu bisa menjadi doa bagi Aprilia Manganang.

“Semoga ini adalah awal yang baik dari Lanang (Aprilio Perkasa Manganang),” harap istri KSAD.

“Banyak selamat yah Serda Aprilio Perkasa Manganang, semoga kedepannya akan jauh lebih baik, Amin, NKRI harga mati,” pungkas Irmawati Ajuba diamini warga Manado lainnya saat ditemui di Kawasan Megamas.

(Mardi Golindra)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *