Pemprov Sulut Raih Penghargaan di Bidang Penanggulangan Bencana

  • Whatsapp
Olly Steven
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur berhasil meraih penghargaan dalam bidang penanggulangan bencana 2021. (Foto : Istimewa)

MetroManado – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw menerima penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penghargaan diberikan kepada Pemprov Sulut atas kinerja dan sinergitasnya sebagai pemerintah daerah terbaik dalam penanggulangan bencana.

Read More

Hal ini disampaikan oleh Kepala BNPB, Doni Monardo pada penutupan rapat kordinasi nasional (Rakornas) penanggulangan bencana tahun 2021 di Jakarta, Rabu (10/03/2021).

Karena masih dalam situasi pandemi Rakornas ini pun digelar secara terbatas dan Pemprov Sulut yang diwakili Asisten 1 Setdaprov, Edison Humiang dan Kepala BPBD Sulut mengikutinya secara virtual dari Manado.

Rakornas yang mengangkat tema “Tangguh Menghadapi Bencana” ini ditutup oleh Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Pada kesempatan ini Muhadjir Effendy menyampaikan untuk bersama belajar dari nenek moyang kita dalam menghadapi bencana.

“Bencana alam bukan baru terjadi beberapa tahun belakangan ini. Kejadian serupa sudah sering terjadi sejak zaman dahulu,” ujar Effendy.

“Bagaimana nenek moyang kita menghadapi bencana kala itu. Saya mengusulkan agar BNPB merekonstruksi bagaimana orang-orang dahulu melakukan mitigasi bencana.” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BNPB, Doni Monardo juga menekankan tentang pentingnya mitigasi dan pencegahan bencana.

“Bencana bukan semata musibah, tetapi harus dicegah. Petaka bagi mereka, dosa bagi kita yang telah abai dan lalai,” kata Doni Monardo.

Doni Monardo pun meminta kepada pemerintah daerah agar dalam mengambil setiap kebijakan selalu sensitif terhadap kerawanan bencana.

Adapun penghargaan ini dibagi dalam beberapa kategori, dimana untuk kategori pemerintah daerah provinsi, selain Pemprov Sulut, penghargaan yang sama juga diterima oleh Pemprov Papua Barat dan Pemprov Sumatera Barat.

(Valent)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *